Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Setiap tanggal 17 Agustus seluruh bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Bukan tanpa perjuangan hari kemerdekaan itu diraih tapi dengan segala pengorbanan baik jiwa, raga, maupun materi dikorbankan oleh para pahlawan bangsa ini. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. 

sumber: intisari.grid.id

Tahapan proklamasi yang dilalui bangsa Indonesia adalah:

A.Penyusunan naskah proklamasi
Sepulangnya dari Rengadengklok, Sukarno-Hatta dan Ahmad Subardjo menuju kediaman Laksamana Muda Maeda untuk menyusun naskah proklamasi. Alasan pemilihan rumah Maeda karena dianggap aman dari ancaman militer jepang. Penyusunan kalimat pertama dari teks tersebut merupakan sumbangan pemikiran dari Ahmad Subardjo sedangkan kalimat terakhir dari Mohammad Hatta. Permasalahan yang muncul selanjutnya adalah yang menandatangani dan membacakan naskah tersebut. Moh. Hatta mengusulkan ditandatangani oleh semua yang hadir. Namun, Sukarni mengusulkan ditandatangani oleh sukarno-hatta atas nama bangsa Indonesia serta pembacaannya pun oleh mereka berdua. Usulan tersebut disetujui. Akhirnya naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. 

sumber: kitacerdas.com  


 sumber: artikelsiana.com

Terdapat perubahan antara naskah tulisan tangan Sukarno dengan naskah yang diketik Sayuti Melik (naskah otentik) yakni:
Naskah asli tulisan tangan Sukarno
Naskah otentik (hasil tik Sayuti Melik)
Kata “tempoh”
Kata “tempo”
Wakil-wakil bangsa Indonesia
Atas nama bangsa Indonesia
Djakarta, 17-8-05
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen ‘05

Sukarni kemudian mengusulkan pembacaan dilakukan di Kediaman Sukarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB. 

B.Pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
Persiapan pembacaan naskah dilakukan sejak pagi. Rumah kediaman Sukarno didatangi oleh massa. Dr. Mawardi memerintahkan Latief Hendraningrat dan Arifin Abdurrahman untuk menjaga keamanan pelaksanaan pembacaan proklamasi dan mengantisipasi gangguan Jepang.  Tepat pukul 10.00 WIB upacara dimulai. Diawali dengan pidato dan pembacaan naksah proklamasi yang diteruskan dengan pengibaran bendera yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia raya. Pengibaran bendera dilakukan oleh Latief Hendaningrat dan S. Suhud. Upacara ditutup oleh sambutan walikota Jakarta, Suwiryo dan dr. Mawardi.

C.Makna penting proklamasi kemerdekaan Indonesia
Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki makna penting bagi seluruh bangsa Indonesia, yakni:
1.Tonggak awal lahirnya kebebasan bangsa Indonesia dari cengkraman penjajah
2.Tonggak awal bangsa Indonesia untuk melaksanakan pemerintahan sendiri
3.Tonggak awal berdirinya Negara kesatuan republik Indonesia yang berdaulat

Sumber: Buku Siswa IPS Kelas IX. 2018. Kemendikbud


Post a Comment