Sambutan Rakyat Terhadap Proklamasi

Proklamasi Indonesia telah dilaksanakan. Seluruh rakyat menyambut dengan gembira kemerdekaan yang telah lama di nantikan dengan berbagai upaya dan perjuangan yang dilakukan. Berbagai aksi pun terjadi di berbagai daerah dalam menyambut kemerdekaan itu. 

1. RAPAT RAKSASA DI LAPANGAN IKADA

 sumber: indonesian-glory.blogspot.com

Setelah diumumkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia, banyak aksi yang dilakukan rakyat Indonesia dalam rangka menyambut proklamasi tersebut. Di Jakarta, para pemuda yang tergabung dalam Komite Van Aksi Menteng 31 menghendaki pra pemimpin bangsa bertemu dengan rakyat untuk menyampaikan mengenai proklamasi tersebut, sehingga disusunlah rencana yang dilakukan dalam dua tahap yakni merencanakan pengerahan massa dan penyampaian rencana ke presiden. Menanggapi hal itu, presiden, wakil presiden dan para menteri menyanggupinya. 

Hal yang harus dipersiapkan dengan matang adalah sikap pasukan jepang yang kemungkinan bisa terjadi bentrok dengan rakyat. Oleh karena itu, presiden mengadakan sidang cabinet tanggal 9 September 1945 untuk membahas rencana pertemuan pemimpin dengan rakyatnya itu yang dilakukan dari malam sampai pagi pukul 10.00 WIB. Para pemuda menginginkan tidak membatalkan pertemuan tersebut yang kemudian disetujui oleh semua pihak. Presiden dan wakil presiden beserta menteri menuju lapangan ikada. Di sana, sudah berkumpul massa lengkap dengan senjata begitu pun tentara jepang sudah lengkap dengan senjata dan tank-tanknya. Presiden langsung menuju panggung dan berpidato meminta dukungan dan kepercayaan rakyat  untuk mematuhi segala kebijakannya, patuh dan disiplin. Dalam pidatonya, presiden memerintahkan rakyat untuk bubar dengan tertib. Ternyata, dipatuhi oleh seluruh rakyat. Fenomena ini membuktikan kewibawaan pemerintah terhadap rakyat dan dukungan serta kepercayaan rakyat terhadap pemerintah.

2. SAMBUTAN DI DAERAH

Berita kemerdekaan Indonesia telah terdengar dan berkumandang di seluruh wilayah Indonesia. Berbagai reaksi yang terjadi. Pekik kemerdekaan, ucapan syukur dan segala perbuatan masyarakat dari berbagai agama dan kepercayaan. Semangat kemerdekaan telah membakar keberanian rakyat di berbagai daerah untuk mempertahankan kemerdekaan tersebut. 

Sumber: Buku Siswa IPS Kelas IX. 2018. Kemendikbud

Post a Comment